Monday, August 24, 2020

Cara memaksimalkan performa Murai Batu ekor hitam

(Murai Batu Ekor Hitam)

Murai Batu (MB) ekor hitam sekarang ini mulai banyak peminatnya walaupun ada anggapan jika Murai Batu jenis ini kalah mental dengan Murai Batu ekor putih.

Sebagian Kicau Mania berpendapat bahwa tidak mudah merawat Murai Batu ekor hitam agar bisa tampil maksimal dilapangan karena ada anggapan negatif yang melekat pada Murai Batu ekor hitam, antara lain:

• Kualitas mentalnya kalah dari Murai Batu ekor putih.

• Suara kicauannya kurang bervariasi, kurang nyaring dan volumenya kurang keras.

• Mudah lelah, terutama Murai Batu ekor hitam yang ukuran ekornya panjang.

Tapi sebagian Kicau Mania lainnya justru berpendapat sebaliknya, justru Murai Batu ekor hitam memiliki banyak kelebihan, antara lain:

• Murai Batu (MB) ekor hitam memiliki mental fighter yang tangguh dan gaya tarung yang agresif dan menekan.

• Murai Batu (MB) ekor hitam mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga walaupun dipelihara dari bakalan, burung ini bisa cepat mapan dan cepat gacor.

• Murai Batu (MB) ekor hitam memiliki suara kicauan dengan volume yang keras, kasar dan melengking tajam sehingga ketika dilombakan suaranya bisa tembus dan mendominasi.

• Murai Batu (MB) ekor hitam termasuk burung yang cerdas, sehingga mudah menirukan suara-suara burung masteran dengan fasih.

Anggapan tersebut didasari dari banyaknya Murai Batu ekor hitam yang sering menjadi Jawara di arena lomba tingkat nasional.

Karena banyaknya Murai Batu (MB) ekor hitam yang berprestasi itulah kemudian banyak para Kicau Mania yang tertarik untuk memeliharanya. Selain itu juga karena harganya lebih murah dari Murai Batu ekor putih.

Agar Murai Batu (MB) ekor hitam bisa memiliki kualitas di atas rata-rata, maka perlu diberikan perawatan dan latihan yang tepat dan konsisten.

Sebetulnya perawatan untuk Murai Batu (MB) ekor hitam tidak jauh berbeda dengan perawatan Murai Batu pada umumnya. Kuncinya harus konsisten dan memahami kemauan burung.

Perawatan yang diterapkan harus disesuaikan dengan karakter dan kemauan burung agar burung merasa nyaman dan bisa menampilkan performa terbaiknya dilapangan.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang cara memaksimalkan performa Murai Batu ekor hitam. Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih