Tuesday, July 16, 2019

Cara melatih Merpati balap yang masih muda/piyikan

(Ilustrasi Melatih Merpati Balap)

Untuk melatih Merpati balap yang masih piyikan/giringan pertama yaitu latihan terbang dasar menuju Merpati geberan, oleh karena itulah kita harus melakukannya dengan sabar dan konsisten karena tujuan dari pelatihan pertama ini adalah untuk melatih mental dan fisik Merpati.

Dalam melakukan latihan pertama ini, sebaiknya tidak terburu-buru untuk menambah jarak lepasan. Jika Merpati berputar, terbang belok-belok dan shoot/mendarat dirasa kendor, kembali mundurkan jarak terbangan sampai dirasa bagus.

Biasakan juga agar Merpati dipegang oleh satu joki dengan baju/seragam yang sama setiap kali melatihnya agar saat di adu Merpati tersebut tidak salah hinggap walaupun warna Merpati geberannya sama.

Jangan menggandeng Merpati muda yang belum mapan mental dan kemampuan terbangnya karena dikhawatirkan Merpati muda justru menjadi terbiasa ngekor dibelakang.

Sebaiknya gandeng Merpati muda dengan Merpati yang seumuran setelah jarak 500 meter.

Berikut ini tahapan latihan dasar Merpati balap muda/piyikan:

• Latihan hari ke-1

Latihan dimulai dari jarak dekat terlebih dulu dengan target dalam giringan pertama adalah sekitar 20 - 30 meter.

Ajarkan Merpati naik turun kandang dan naik turun ke betina. Tujuannya untuk membiasakan Merpati dengan tangan Manusia, karena terkadang Merpati takut pada kita, apalagi piyik yang baru pertama kali giring.

Lakukan sampai Merpati tidak malas naik turun ke betina. Lakukan latihan ini 10 - 30 kali, lalu di istirahatkan kemudian ulangi lagi dengan latihan yang sama, tapi jika dirasa sudah mantab bisa langsung diterbangkan.

Setelah itu, mulai terbangkan Merpati dari jarak 1 meter dan Merpati betina ditatak ditanah. Lakukan latihan 8ni berulang-ulang 5 - 10 kali terbangan kemudian di istirahatkan.

Jika dirasa terbangnya sudah bagus, bisa tambah jaraknya menjadi 3 meter, 5 meter, 7 meter, dan 10 meter. Lakukan terus 5 - 10 kali terbangan atau disesuaikan dengan tenaga Merpati.

Jika Merpati terbang tidak lurus atau shoot kurang bertenaga, sebaiknya mundurkan lagi jaraknya dan jangan ditambah dulu. Jika sudah sampai jarak 10 meter, maka ulangi terus 3 - 5 sesi. Untuk setiap satu sesinya lakukan 5 - 7 kali terbangan.

• Latihan hari ke-2

Lakukan latihan 3 - 5 sesi. Untuk setiap sesinya lakukan 5 - 7 kali terbangan. Jadi totalnya sekitar 15 - 25 kali terbangan.

Pada sesi pertama, terbangkan Merpati muda dari jarak 3 meter, 5 meter, dan 10 meter. Pastikan Merpati terbang tetap lurus dan tembak tidak kendor.

Pada sesi kedua, lakukan terbangan di jarak 10 meter, dan pada sesi ketiga tambah jaraknya sampai mentok di 15 meter.

• Latihan hari ke-3

Lakukan latihan seperti pada hari ke-2, tapi jaraknya ditambah sedikit demi sedikit. Ingat, jangan terburur-buru untuk langsung menerbangkan Merpati muda dengan jarak yang jauh karena bisa berakibat pada mental dan stamina Merpati. Jika stamina dan mental Merpati belum mapan, maka bisa-bisa salah latih dan justru Merpati malah terbang ke atas.

Target latihan hari ke-3 sampai jarak maksimal 20 meter.

• Latihan hari ke-4

Lakukan latihan seperti pada hari ke-3 dengan jarak latihan maksimal 25 - 30 meter.

Baca juga:




Demikian informasi tentang cara melatih Merpati balap yang masih muda/piyikan. Untuk informasi lain seputar burung Merpati, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih