Saturday, February 22, 2020

Perawatan burung Mantenan agar rajin bunyi

Burung Mantenan mulai banyak dipelihara oleh para Kicau Mania, karena selain warna bulunya yang indah, suara burung ini juga cukup merdu dan bervariasi.

Burung Mantenan banyak dipelihara sebagai burung masteran karena memiliki suara kicauan yang unik sehingga cocok untuk menambah variasi kicauan burung-burung lain seperti Kacer, Cucak ijo, Cendet, Murai Batu dan lainnya.

Hal terpenting dalam memelihara burung Mantenan adalah dengan menjaga kesehatan burung dengan melakukan perawatan yang tepat dan konsisten setiap harinya, dari mulai mandi, jemur, pemberian pakan dan extra fooding (EF), sampai kebersihan kandangnya juga harus diperhatikan. Karena jika burung sehat pasti akan lebih rajin bunyi.

Berikut ini pola perawatan harian untuk burung Mantenan agar sehat dan rajin berkicau:

• Mandi

Seperti halnya burung kicau lainnya, burung Mantenan juga perlu dimandikan untuk menjaga kesehatan bulu-bulunya. Selain itu dengan sering dimandikan, burung akan menjadi lebih cepat jinak dan mapan.

Mandikan burung Mantenan setiap hari dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer atau sediakan cepuk air yang cukup besar didalam kandangnya agar burung bisa mandi sendiri.

Sebelum dimandikan, angin-anginkan dulu untuk menyesuaikan suhu tubuh burung dengan suhu diluar rumah.

• Jemur

Setelah selesai dimandikan, angin-anginkan dulu sebentar untuk mengeringkan bulu-bulunya kemudian dijemur selama -+1 jam rutin setiap hari.

• Pakan

Pakan adalah hal terpenting untuk kelangsungan hidup burung dan juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan vitalitas burung. Oleh karena itu burung Mantenan perlu diberikan pakan yang berkualitas dengan porsi yang cukup.

Berikut ini beberapa jenis pakan yang cocok untuk burung Mantenan:

- Voer

Berikan voer halus sebagai pakan utama burung Mantenan untuk memudahkan dalam perawatan hariannya.

- Jangkrik

Jangkrik adalah extra fooding (EF) untuk burung kicauan termasuk burung Mantenan sebagai sumber protein hariannya. Berikan jangkrik ukuran kecil pada burung Mantenan setiap pagi dan sore hari untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, sehingga burung selalu sehat dan aktif berkicau.

- Kroto

Agar burung Mantenan cepat gacor sebaiknya diberikan extra fooding (EF) kroto seminggu 2-3x untuk mendongkrak birahinya. Kandungan protein yang tinggi pada kroto sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan vitalitas burung Mantenan.

- Ulat hongkong (UH)

Ulat hongkong (UH) juga perlu diberikan sebagai menu extra fooding (EF) untuk burung Mantenan terutama pada saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh burung dan pada saat masa mabung untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulunya.

- Vitamin

Di alam bebas burung Mantenan bisa mengkonsumsi berbagai jenis pakan alami yang disukainya, sehingga kebutuhan vitamin, protein dan mineralnya dapat tercukupi setiap harinya.

Tapi ketika dipihara didalam kandang, maka burung tidak bisa memilih jenis pakan yang diperlukannya, dan hanya bergantung pada pakan yang diberikan oleh pemiliknya sehingga kebutuhan vitaminnya kadang tidak terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, untuk menghindari kekurangan vitamin tersebut, sebaiknya burung juga diberikan vitamin setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk menjaga kesehatan dan vitalitas burung.

- Buah

Selain pemakan serangga, burung Mantenan juga menyukai buah-buahan. Oleh karena itu, burung Mantenan juga perlu diberikan buah-buahan seperti pisang kepok, pepaya dan buah-buahan lainnya untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.

Baca juga:

Tips perawatan Cucak Wilis bakalan agar rajin bunyi

Tips perawatan Jalak Kapas/Jalak Sutra agar cepat bunyi

Perawatan tepat untuk Pleci bakalan agar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan burung Mantenan agar rajin bunyi". Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Mantenan