Tuesday, February 25, 2020

Cara memandikan burung Perkutut yang benar

(Ilustrasi cara memandikan burung Perkutut)

Burung Perkutut perlu dimandikan untuk membersihkan bulu-bulunya dari kotoran dan agar terbebas dari kutu serta parasit. Dengan rutin dimandikan burung Perkutut yang terlalu giras juga akan menjadi cepat jinak dan rajin manggung.

Tapi cara memandikan burung Perkutut berbeda dengan cara memandikan burung ocehan yang biasanya dilakukan setiap hari dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau menggunakan keramba tanpa harus dipegang.
Cara memandikan burung Perkutut yang benar adalah dengan cara dipegang dan dicelupkan kedalam wadah yang berisi air.

Yang perlu di perhatikan dalam memandikan burung Perkutut yaitu jangan sampai air masuk ke dalam hidungnya. Jadi untuk bagian kepala sebaiknya cukup di usap menggunakan tangan yang basah saja.

Untuk Perkutut bahan yang masih liar/giras sebaiknya dimandikan 2 hari sekali agar cepat jinak. Sedangkan untuk Perkutut yang sudah mapan cukup dimandikan 1 atau 2 minggu sekali saja.

Berikut ini cara memandikan burung Perkutut yang benar:

• Siapkan wadah air sesuai ukuran tubuh burung Perkutut, bisa menggunakan baskom atau wadah lainnya.

• Siapkan air bekas cucian beras (air leri) dan daun sirih sebanyak 5 - 7 lembar.

• Tumbuk atau remas-remas daun sirih sampai lembut kemudian campurkan dengan air bekas cucian beras (air leri).

• Agar lebih praktis bisa juga menggunakan air bersih yang dicampur dengan shampo khusus burung. Shampo khusus burung sangat efektif untuk membasmi kutu yang ada pada bulu-bulu burung Perkutut dan juga untuk mengkilapkan bulu-bulunya.

• Ambil Perkutut dari kandangnya dengan hati-hati agar tidak terlepas. Kemudian elus-elus kepala dan tubuhnya agar burung tenang terlebih dulu. Pijit bagian punggung dan pangkal sayapnya dengan lembut.

• Setelah burung Perkutut tenang, kemudian celupkan tubuhnya kedalam air yang sudah disiapkan sebatas leher saja. Rentangkan sayapnya agar bulu-bulu dibagian bawah sayapnya ikut basah dan untuk bagian kepalanya cukup di usap-usap dengan tangan basah.

• Bersihkan kerak-kerak dan sisik kering yang ada pada bagian paruh dan kaki-kakinya.

• Setelah selesai dimandikan kemudian masukkan kembali ke dalam kandangnya dan gantang ditempat yang teduh beberapa saat agar burung didis untuk mengeringkan bulu-bulunya.

• Setelah bulu-bulunya agak kering, kemudian jemur burung selama 2 - 3 jam.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang cara memandikan burung Perkutut yang benar. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih