Thursday, September 26, 2019

Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen

Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen -Assalamualaikum Hallo sahabat semua pecinta Balad Gacor, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IKAN KONSUMSI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen
link : Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen

Baca juga


Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen

(Ilustrasi ikan nila)

Ikan nila merupakan jenis ikan yang sangat mudah dipelihara dan juga mudah berkembang biak secara alami. Jadi, bisa dikatakan kalau budidaya ikan nila sangat menguntungkan karena tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal dan juga mudah dalam pembibitannya karena bisa berkembang biak sendiri tanpa memerlukan campur tangan kita.

Selain itu, ikan nila juga bisa beradaptasi dengan lingkungan manapun sehingga kemungkinan hidupnya sangat besar. Tapi walaupun ikan nila dapat beradaptasi dan dapat bertahan hidup di perairan tawar mana saja, akan lebih baik jika ikan nila dipelihara di perairan yang memiliki suhu sekitar 25 - 30° C dengan keasaman sekitar 7 - 8 pH. Suhu dan keasaman tersebut merupakan acuan perairan ideal untuk budidaya ikan nila agar agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Ikan nila termasuk jenis ikan pemakan segala atau biasa disebut sebagai omnivora. Jadi, untuk masalah pakan tidak merepotkan dan tidak memerlukan anggaran yang besar. Tapi umumnya pakan ikan nila adalah plankton dan beberapa jenis tumbuhan air. Jadi, kita bisa menyediakan plankton dan tumbuhan air sebagai pakan alami ikan nila untuk memenuhi kebutuhannutrisinya.

Selain itu, ikan nila juga bisa diberikan pakan berupa sisa-sisa sayuran yang bisa dibeli dipasar dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tumbuh kembangnya maksimal, ikan nila juga bisa diberikan pelet yang memiliki kandungan protein sebesar 20 - 30%.

Berikut ini tahapan-tahapan untuk memulai budidaya ikan nila:

- Memilih bibit ikan nila

Agar budidaya ikan nila dapat berhasil dan cepat panen, maka bibit yang digunakan harus yang berkualitas (bibit unggul). Pemilihan bibit merupakan faktor penting yang harus diperhatikan karena merupakan titik awal yang dapat menentukan keberhasilan dari budidaya ikan nila.

Untuk usaha pembesaran sebaiknya memilih bibit ikan nila yang berjenis kelamin jantan karena ikan nila jantan memiliki pertumbuhan 40% lebih cepat dibanding ikan nila betina. Selain itu ukuran tubuhnya juga lebih besar pada usia yang sama.

- Persiapan kolam budidaya

Ikan nila ini bisa dipelihara diberbagai jenis kolam, bisa menggunakan kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, jaring terapung, bahkan bisa menggunakan tambak air payau. Tapidari beberapa jenis kolam tersebut, kolam tanah adalah yang paling ideal dan sering digunakan dalam budidaya ikan nila. Alasannya karena selain proses pembuatannya yang cukup mudah, biaya untuk pembuatannya juga relatif murah.

Keuntungan lain dari penggunaan kolam tanah adalah karena kolam tanah merupakan tempat tumbuhnya beberapa tumbuhan dan hewan-hewan air kecil yang nantinya bisa menjadi pakan alami ikan nila.

Dengan adanya tumbuhan dan hewan-hewan kecil yang tumbuh dan hidup didalam kolam tanah, maka dapat mengurangi anggaran untuk pembelian pakan karena suda terbantu dengan adanya pakan alami tersebut. Selain itu, ikan nila yang dipelihara dalam kolam tanah juga lebih cepat besar karena kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan adanya pakan alami disekitarnya.

Sebelum membuat kolam tanah untuk budidaya ikan nila, lokasi atau lahan yang akan dijadikan kolam harus dipersiapkan terlebih dulu, yaitu dimulai dari tahap penjemuran, pembajakan, pengapuran, pemupukan, hingga pengairan.

Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan kolam tanah untuk budidaya ikan nila:

- Pengeringan

Setelah kolam tanah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mengeringkan dasar kolam denan cara membiarkannya terkena sinar matahari secara langsung selama 3 – 7 hari. Tapi jika dilakukan pada musim hujan, maka waktunya bisa lebih lama.

Oleh karena itu sebaiknya pembuatan kolam dilakukan pada musim kemarau agar hasilnya lebih optimal. Sebagai acuannya, jika permukaan tanah didasar kolam mulai terlihat retak berarti proses pengeringan sudah bisa dikatakan selesai.

- Pembajakan

Setelah tanah dikeringkan, langkah selanjutnya adalah mencangkul atau membajaknya dengan kedalaman sekitar 10 cm atau lebih. Jika terdapat sampah atau benda-benda lainnya didasar kolam sebaiknya disingkirkan. Selain itu, jika terdapat lumpur hitam yang berbau busuk juga harus dibersihkan.

- Keasaman tanah

Umumnya, tanah memiliki tingkat keasaman yang rendah yaitu dibawah 6 pH, padahal untuk budidaya ikan nila memerlukan air tawar yang membutuhkan tingkat keasaman tanah sekitar 7 - 8 pH.Oleh karena itu, kita perlu menetralkan tanah tersebut dengan melakukan pengapuran menggunakan dolomite atau kapur pertanian.

Dosis pengapuran tanah haruslah seimbang dengan keasaman tanah agar tidak kelebihan dosis. Acuan takarannya yaitu, jika tingkat keasaman tanah 6 pH, maka yang dibutuhkan adalah 500 kg/ha. Untuk tanah yang keasamannya 5 - 6 pH maka diperlukan 500 sampai 1500 kg/ha, sedangkan untuk tanah yang 4 - 5 pH maka diperlukan 1 sampai 3 ton/ha.

Aduklah kapur secara merata dan usahakan agar kapur bisa masuk ke dalam permukaan tanah sampai kedalaman 10 cm. Setelah itu, diamkan tanah tersebut selama  2 - 3 hari sampai tingkat keasaman tanah benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

- Pemupukan

Setelah proses pengapuran selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan pemupukan pada kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan nila. Gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasar atau landasannya. Volume pupuk organik yang digunakan sebanyak 1 - 2 ton per hektarnya.

Sebarkan pupuk organik sampai merata ke dasar kolam tanah dan diamkan selama 1 - 2 minggu agar terserap kedalam tanah. Setelah itu, kita bisa menambahkan pupuk urea sebanyak 50 - 70 kg/ha dan TSP 25 - 30 kg/ha dan diamkan pupuk urea tersebut selama 1 - 2 hari.

Pemupukan ini bertujuan untuk memberikan nutrisi bagi tumbuhan renik dan hewan yang ada di dalam kolam tersebut. Dengan demikian, tumbuhan dan hewan tersebut dapat dijadikan sebagai pakan alami untuk ikan nila.

- Menggenangi air

Setelah pemupukan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah menggenangi kolam dengan air. Tapi pengairan ini harus dilakukan secara bertahap. Pertama, masukkan air ke dalam kolam tanah sampai mencapai ketinggian 10 - 20 cm. Diamkan air tersebut selama 3 - 5 hari agar air yang mengeruh bercampur tanah mengendap ke dasar kolam. Setelah itu, kita bisa melanjutkan pengisian air ke dalam kolam sampai air mencapai ketinggian 75 cm.

- Penebaran bibit ikan nila

Jika kolam sudah terisi air sampai kedalaman 60 - 75 cm, maka kolam sudah siap untuk ditebari bibit ikan nila yang sudah disiapkan. Idealnya, per meter persegi kolam berisi 15 - 20 ekor ikan nila dengan asumsi per ekornya seberat 10 - 20 gram dan bisa dipanen dengan ukuran seberat 300 gram per ekor.

Tapi perlu diingat, sebelum penebaran bibit dilakukan, kita perlu melakukan adaptasi terlebih dulu terhadap bibit ikan nila walaupun ikan nila merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Hal ini dilakukan agar bibit ikan nila terbiasa dengan kondisi kolam yang baru untuk meminimalisir resiko kematian pada bibit ikan nila.

Caranya dengan memasukkan bibit ikan nila ke dalam wadah yang sudah di isi air dari kolam. Biarkan bibit ikan nila berada di wadah tersebut selama beberapa jam. Setelah itu,  miringkan wadah tersebut sampai bibit ikan nila didalamnya keluar dengan sendirinya dan masuk ke dalam kolam yang sudah disiapkan.

- Pemeliharaan ikan nila

Setelah semua tahapan di atas dilakukan, tinggal melakukan perawatan dan pemeliharaan ikan nila sampai pada waktunya panen. Ada tiga hal penting yang perlu diketahui dalam pemeliharaan ikan nila, yaitu pengelolaan air, pemberian pakan, dan pengendalian hama penyakit.

- Pengelolaan air

Agar bisa menghasilkan ikan nila yang berkualitas, kita perlu memperhatikan kualitas air dari kandungan oksigen dan pH air.
(Ilustrasi kolam budidaya ikan nila)

Perhatikan juga kadar NH3, CO2, dan H2s pada air kolam. Jika kadar oksigen dalam kolam mulai menurun, sebaiknya sirkulasi air dibuat lebih deras dengan memperbesar debit air. Jika air kolam mulai berbau, kemungkinan air kolam mulai mengandung NH3 dan H2S dan segeralah untuk lakukan penggantian air. Untuk mengganti air, keluarkan air kotor sebesar 1/3 bagian dari air kolam, kemudian ganti dengan air yang baru. Debit air kolam sebesar 100 m persegi yang normal sebesar 1 liter/detik.

- Pemberian pakan

Dalam budidaya ikan nila, pengelolaan pakan merupakan salah satu faktor yang sangat penting karena biaya yang dibutuhkan untuk pembelian pakan merupakan biaya paling besar dari biaya lainnya dalam budidaya ikan nila.

Kita bisa menggunakan pellet dengan kadar protein sebesar 20 - 30 % sebagai pakan utama untuk ikan nila.

Umumnya, ikan nila membutuhkan asupan pakan sebesar 3% dari bobot tubuhnya setiap hari. Pemberian pakan bisa dilakukan pada pagi dan sore hari.

Setiap dua minggu sekali, ukur berat badan ikan nila dengan menggunakan sampel satu ekor ikan nila dan kita bisa menyesuaikan jumlah pakan yang harus diberikan pada ikan nila sesuai ukurannya.

Berikut ini perhitungan pemberian pakan untuk ikan nila:

Jika dalam satu kolam terdapat 1500 ekor ikan nila dengan ukuran 10 - 20 gr/ekor, maka rata-rata ikan adalah (10 + 20)/2 = 15 gram/ekor. Sehingga perhitungan pakannya adalah  15 x 1500 x 3% = 675 gram atau 6,75 kg per harinya.

- Pengendalian hama dan penyakit

Secara normal, sebetulnya masalah penyakit pada ikan nila tidak terlalu menghawatirkan. Tapi tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan untuk antisipasi.

Penyakit yang perlu diwaspadai pada ikan nila adalah penyakit yang menular karena infeksi seperti pada penularan melalui air.

- Masa panen
(Ilustrasi ikan nila ukuran konsumsi)

Ukuran konsumsi ikan nila untuk pasar domestic berkisar antara 300 - 500 gram/ekor, sedangkan untuk ikan nila yang dipelihara dari ukuran sekitar 10 - 20 gram/ekor biasanya membutuhkan waktu 4 - 6 bulan sampai siap panen.


Demikian informasi tentang cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen. Untuk informasi lain seputar ikan konsumsi, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih



Demikianlah Artikel Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen

Demikianlah artikel Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua Dan wawasan tentang sharing. jika Ada Salah Kata atau Hal Yang kurang berkenan dalam penyajian artikel, mohon maaf. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen dengan alamat link https://baladgacor.blogspot.com/2019/09/cara-budidaya-ikan-nila-yang-benar-agar.html
Cara budidaya ikan nila yang benar agar cepat panen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: hammam shalihul huda