Monday, July 29, 2019

Tips perawatan ayam Bekisar agar suaranya bagus

(Ayam Bekisar jantan)

Ayam Bekisar adalah jenis ayam hasil persilangan antara ayam hutan hijau atau ayam hutan merah sebagai pejantannya dengan ayam kampung/lokal sebagai indukan betina.

Ayam Bekisar memiliki cukup banyak penggemar karena suara kokoknya yang khas dan unik serta keindahan bulunya. Umumnya yang banyak dipelihara sebagai ayam hias adalah ayam Bekisar jantan karena suara kokoknya bagus dan penampilannya menarik. Sedangkan ayam Bekisar betina tidak bisa berkokok dan warna bulunya juga tidak bagus.

Awalnya, ayam Bekisar hanya dapat dijumpai di daerah Kangean, sebuah pulau kecil di sebelah timur Pulau Madura yang masih termasuk wilayah Kabupaten Sumenep. Kemudian ayam ini menyebar ke Pulau Madura dan semakin meluas ke berbagai daerah di Tanah Air.

Ayam Bekisar memiliki suara kokok melengking dan sangat keras, bahkan untuk ayam Bekisar yang kualitasnya bagus, suara kokoknya dapat terdengar sampai sejauh 1 mil.

Ayam bekisar biasanya memiliki suara kokok berirama, lurus, dan panjang. Kokoknya terdiri dari dua bagian, yaitu kokok depan dan belakang.

Suara depan memiliki nada rendah, besar, tebal, panjang, dan bersih. Sedangkan kokok belakang memiliki nada tinggi, tebal, panjang, lurus, dan bersih. Kelemahan ayam Bekisar yaitu mudah mengalami stress dan bisa berujung pada kematian.

Untuk mendapatkan ayam Bekisar dengan kualitas yang bagus, maka kualitas dari indukan sangat menentukan kualitas suara pada anakannya. Salah satunya yaitu indukan betina harus steril, atau tidak pernah dikawinkan dengan pejantan lain sebelumnya. Suara induk betina harus berbunyi kukuruyuk panjang, lurus, serta bersih. Hal yang sama juga berlaku untuk indukan ayam hutan jantan yang memiliki suara cekrikek.

Biasanya potensi suara ayam Bekisar akan mulai terlihat pada usia 5-6 bulan, dan pada usia minimal 8 bulan, ayam Bekisar mulai bisa dilombakan asalkan mental bertandingnya sudah kuat. Suara ayam Bekisar mulai matang pada saat menginjak usia 3 tahun.

Sebetulnya suara asli ayam Bekisar yang alami tidak dapat dilatih, tapi dapat di maksimalkan. Dengan perawatan yang baik dan tepat, dapat mempengaruhi kualitas suaranya menjadi lebih bagus.

Berikut ini tips perawatan ayam Bekisar untuk memaksimalkan kualitas suaranya:

• Berikan ayam Bekisar air minum secukupnya saja, kira-kira 2-3 sendok makan. Karena jika air minumnya terlalu banyak bisa berdampak pada kualitas suaranya menjadi tidak jernih. Suara ayam Bekisar yang tidak jernih ditandai dengan munculnya suara "R" yang dapat mengurangi penilaian pada saat lomba.

• Berikan pakan utama berupa jagung pipilan dan berikan juga pakan tambahan seperti sayuran-sayuran untuk campuran jagung.

• Agar suara kokok ayam Bekisar bagus, berikan madu murni yang dicampurkan pada air minumnya.

• Ayam Bekisar juga perlu diberikan jamu/ramuan dari bahan kencur dan gula jawa supaya suaranya tidak serak akibat lendir pada tenggorokannya.

Ayam Bekisar yang memiliki kualitas suara bagus, apalagi yang sudah berprestasi di arena lomba harganya bisa sampai puluhan juta. Oleh kerena itu para penggemar ayam Bekisar biasanya mencari ayam Bekisar unggul untuk dilombakan.

Suara ayam Bekisar akan terdengar enak jika nada depannya rendah, panjang, dan bersih. Suara depannya ditutup dengan nada akhir yang tinggi, panjang, dan bersih. Selain itu, irama lagunya jiga tidak sumbang agar mendapat nilai sewaktu dilombakan. Suara depan ayam Bekisar harus memiliki vokal "O", sedangkan suara belakangnya harus memiliki vokal "i".

Yang unik pada kontes ayam Bekisar adalah, ayam Bekisar yang diunggulkan menjadi jawara belum tentu bisa menang dan yang tidak di unggulkan kadang-kadang justru menjadi juara. Hal itu disebabkan karena ayam Bekisar yang bersuara bagus dan di unggulkan tersebut tidak mau bunyi pada saat dilombakan.

Maka dari itu, pemilik ayam Bekisar harus bisa menjaga kondisi ayamnya menjelang lomba agar kondisinya tetap prima, sehingga pada saat dilombakan bisa tampil maksimal.

Baca juga:



Video ayam Bekisar hitam

Demikian informasi tentang tips perawatan ayam Bekisar agar suaranya bagus. Untuk informasi lain seputar ayam Bekisar, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih